HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN TAHUN 2023 DI UNIVERSITAS ICHSAN SATYA
Keywords:
Mekanisme Koping, Tingkat Stres, Penyusunan SkripsiAbstract
Latar Belakang : Stres akademik merupakan salah satu reaksi yang terjadi pada seorang
mahasiswa yang disebabkan oleh rangsangan akademik. Faktor penyebab stres menyusun
skripsi terbagi menjadi faktor internal seperti jenis kelamin, status sosial ekonomi,
karakteristik kepribadian mahasiswa, mekanisme koping mahasiwa dan inteligensi,
sedangkan faktor eksternal yaitu tuntutan tugas akademik dan hubungan mahasiswa dengan
lingkungannya. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
makanisme koping dengan tingkat stres mahasiswa semester akhir dalam menyusun skripsi
program studi sarjana keperawatan di Universitas Ichsan Satya. Metodelogi Penelitian :
Penelitian ini merupakan rancangan kuantitaif dengan pendekatan cross-sectional.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa prodi S1 keperawatan agkatan
2020 kelas reguler yang sedang menyusun skripsi di Universitas Ichsan Satya sebanyak 40
orang. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan 40 responden mahasiswa lebih
banyak yang memiliki tingkat stres yang berat dalam mekanisme koping maladaptif yaitu
19 orang (85,4%) dibandingkan dengan mekanisme koping adaptif yaitu 5 orang (27,8%),
sedangkan mahasiswa yang memiliki tingkat stres tidak berat lebih banyak dengan
mekanisme koping adaptif yaitu 13 orang (72,2%) dibandingkat dengan mekanisme koping
maladaptif 3 orang (13,6%). Simpulan : Terdapat hubungan mekanisme koping dengan
tingkat stres mahasiswa semester akhir dalam menyusun skripsi Progam Studi Sarjana
Keperawan tahun 2023 di Universitas Ichsan Satya, (p value = 0,001) dengan OR 16,467
Saran : Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak institusi pendidikan
mempertimbangkan ketersediaan kegiatan yang bisa membuat mahasiswa memperhatikan
aspek emosional agar beban akademik yang dihadapi bisa menjadi pedoman dalam
menjalani kebijakan.
Downloads
References
Agusto, Nyoman Wigo. 2018. “Hubungan Persepsi Mahasiswa Tingkat Akhir
Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Stres Dalam Menulis Skripsi
Pada Program Studi S1 Keperawatan Stikes Bhakti Kecana Bandung.” Stike
Ilmu Kesehatan Bhakti Kencana Bandung.
Alimah, Chabibatul, and Riza Noviana Khoirunnisa. 2021. “Hubungan Antara SelfEfficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan
Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Penelitian Psikologi 8(2): 160–
Ambarwati, Putri Dewi, Sambodo Sriadi Pinilih, and Retna Tri Astuti. 2019.
“Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa.” Jurnal Keperawatan Jiwa 5(1): 40.
Ardyani, Bunga, and Gusrina Komara Putri. 2021. “Mekanisme Koping Pada
Remaja Di Desa Ragajaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor.”
Indonesian Journal of Nursing Scientific 1(1): 43–50.
Aulia, Syifa, and Ria Utami Panjaitan. 2019. “Kesejahteraan Psikologis Dan
Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” Jurnal Keperawatan Jiwa
(2): 127.
Barseli, Mufadhal, Ifdil Ifdil, and Nikmarijal Nikmarijal. 2017. “Konsep Stres
Akademik Siswa.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 5(3): 143–48.
Candra, I, W. 3019. “Stress Adaptasi Dan Manajement Stres.” menuju prilaku sehat
mental dan hidup bahagia nuha medika.
Carsita, Wenny Nugrahati. 2019. “Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan
Yang Menyusun Skripsi.” Jurnal Kesehatan Indra Husada 6(2): 76.
Da’awi, Muh Mujib, and Walda Isna Nisa. 2021. “Pengaruh Dukungan Sosial
Terhadap Tingkat Stres Dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi.” Jurnal
literasi psikologi 1(1): 67–75.
Donsu, Jenita Doli. 2016. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta:
Pustaka Baru.
Dwipermana, Kadek Bayu. 2016. “Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat
Stres Mahasiswa Selama Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Stikes Ngudi
Waluyo Ungaran.” Jurnal Keperawatan 1(1): 1–14.
Fella, Maria, Thika Sary, and Nefi Damayanti. 2019. “Hubungan Kecerdasan
Emosi Dan Pola Asuh Demokratis Dengan Strategi Coping Adaptif Pada
Mahasiswa Tingkat Akhir.” Jurnal Ilmiah Magister Psikologi 1(2): 191–97.
http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/.
Fellasari, Farieska, and Yuliana Intan Lestari. 2017. “Hubungan Antara Pola Asuh
Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja.” Jurnal Psikologi 12(2): 84.
Gamayanti, Witrin, Mahardianisa Mahardianisa, and Isop Syafei. 2018. “Self
Disclosure Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan
Skripsi.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 5(1): 115–30.
Hasanah, Muhimmatul. 2019. “Stres Dan Solusinya Dalam Perspektif Psikologi
Dan Islam.” Jurnal Ummul Qura XIII(1): 104–16.
http://ejournal.insud.ac.id/index.php/UQ/article/download/50/44.
Hasmayni, Babby, and Johannes S. Lumbanbatu. 2019. “Gambaran Lifelifestyle
Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Iphone Di Universitas Medan
Area.” Jurnal tekesnos 1(1): 9–16.
Hulukati, Wenny, and Moh. Rizki Djibran. 2018. “Analisis Tugas Perkembangan
Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.”
Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik) 2(1): 73.
Indarwati, I. 2018. Gambaran Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan
Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin
Makasaar. Makassar.
Iriani, Annisa Puteri. 2022. “Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semester.”
https://profesi-unm.com/mahasiswa-unm/ini-kesibukan-mahasiswaberdasarkan-semester-kamu-yang-mana/.
Kasimo, Tadeus Alberto. 2017. “Pengaruh Strategi Koping Terhadap Stres Pada
Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi.” Jurnal Psikologi 000:
–15.
Kurniawti, W, and R Setyaningsih. 2020. “Manajemen Stress Pada Mahasiswa
Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi.” Jurnal An-Nur: Kajian
Pendidikan dan Ilmu Keislaman 5(3): 248–53.
Lavari, Waiez. 2019. “Gambaran Mekanisme Koping Mahasiswa Dalam Menyusun
Skripsi Di Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Hang Tuah Pekanbaru.”
Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences) 8(1): 32–41.
https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/215.
Lestari, Popi Eka, Ramaita Ramaita, and Sri Ameliati. 2021. “Studi Literatur :
Hubungan Tingkat Stres Dengan Motivasi Mahasiswa Dalam Menyusun
Skripsi.” Indonesia Jurnal Perawat 6(1): 15.
Lumban Gaol, Nasib Tua. 2016. “Teori Stres: Stimulus, Respons, Dan
Transaksional.” Buletin Psikologi 24(1): 1.
Madaniah, Resa. 2020. “Hubungan Antara Mekanisme Koping Dengan Tingkat
Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di Program Studi Sarjana
Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Bandung.” Universitas Bhakti
Kencana.
Musabiq, Sugiarti A., and Isqi Karimah. 2018. “Gambaran Stress Dan Dampaknya
Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75–83.
Https://Doi.Org/10.26486/Psikologi.V20i2.240ya Pada Mahasiswa.” Insight:
Jurnal Ilmiah Psikologi 20(2): 75–83.
Nababan, Dinda Pratiwi. 2021. “Tingkat Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi Di
Masa Pandemi Covid-19.” Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Nadatien, Ima, and Mulayyinah Mulayyinah. 2019. “Hubungan Mekanisme Koping
Dengan Tingkat Stres Pada Pasien Kanker Di Yayasan Kanker Indonesia
Cabang Jawa Timur.” JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan) 2(2): 68–71.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Nur, Ridha Raudah, Eva Latipah, and Ismatul Izzah. 2023. “Perkembangan
Kognitif Mahasiswa Pada Masa Dewasa Awal.” Jurnal Manajemen dan
Pendidikan Dasar 3(211–219): 211–19.
Nurrahmasia, Nurrahmasia, Emmy Amalia, and Dian Puspita Sari. 2021.
“Hubungan Mekanisme Koping Dengan Skor Kecemasan Dalam Menghadapi
Ujian Keterampilan Medik Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter
Universitas Mataram.” Smart Medical Journal 4(1): 18.
Perry., Potter &. 2015. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba
Medika.
Priyoto. 2019. Nuha Medika Konsep Manajemen Stres. 2nd ed. ed. Nuha Medika.
Rahmadhaniah, Nur Dina, and Pipit Feriani. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang
Tua Dengan Perilaku Pencegahan Kekerasan Seksual Di TK Al-Jawahir
Samarinda.” Borneo Student Research 1(3): 2020.
https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1055.
Rahmayani, Sembiring. 2016. “Strategi Coping Anak Didik Di Lembaga
Permasyarakatan Anak Kelas II B Pekanbaru.” Universitas Islam Negri Sultan
Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Riskesdas. 2018. “Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian
Kesehatan RI.” Jakarta: Kemenkes RI.
Riski Amelia, Dinda. 2022. “Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stres
Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menyusun Skripsi Di STIkes Alifah
Padang.” STIKes Alifah Padang.
Roellyana, Shahnaz, Ratih Arruum Listiyandini. 2016. “Hubungan Optimisme
Tehadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan
Skripsi.” Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia
(1): 29–37.
Rokhim, Abdul, Faizatur Rohmi, and Zulfikar Muhammad. 2022. “Hubungan Pola
Asuh Keluarga Dengan Mekanisme Koping Pada Penderita Skizofrenia.”
Nursing Sciences Journal 6(1): 6.
Safitri, Yuhanda, and Ns Eny Hidayati. 2019. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang
Tua Dengan Tingkat Depresi Remaja Di Smk 10 November Semarang.”
Jurnal Keperawatan Jiwa 1(1): 11–17.
Sari, Dewa Ayu, Dodi Wijaya, and Retno Purwandari. 2017. “Hubungan Persepsi
Mahasiswa Tentang Profesi Keperawatan Dengan Motivasi Melanjutkan
Pendidikan Profesi Ners Di PSIK Universitas Jember.” e-Journal Pustaka
Kesehatan (JPK) 5(3): 505–12.
Sartika, Ita Erlia. 2023. “Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Permisif Dengan
Prokastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi
Di Universitas Muhammadiyah Aceh.” 5: 1–14.
https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1055.
Septyari, Ni Made, I Made Sudarma Adiputra, and Ni Luh Putu Devhy. 2022.
“Tingkat Stres Dan Mekanisme Koping Mahasiswa Dalam Penyusunan
Skripsi Pada Masa Pandemi.” Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi 11(1): 14.
Seto, Stefania Baptis, Maria Trisna Sero Wondo, and Maria Fatima Mei. 2020.
“Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis
Tugas Akhir (Skripsi).” Jurnal Basicedu 4(3): 733–39.
Sholihah, A N. 2018. “Ragam Koping Pada Remaja Saat Mengalami
Psikosomatis.” Intan Husada: Jurnal Ilmiah Keperawatan 6(1): 22–30.
https://www.akperinsada.ac.id/e-jurnal/index.php/insada/article/view/87.
Siregar, Harri, and Fadli Ilhami. 2022. Hubungan Tingkat Stres Dengan Mekanisme
Koping Pada Mahasiswa Profesi Ners Di Fakultas Keperawaran Universitas
Andalas Padang.
Soeli, Yuniar Masnye, Muhamad Syukriani Yusuf, and Puspita Ayuba. 2022.
“Hubungan Tingkat Stres Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa
Keperawatan UNG Dalam Penyusunan Skripsi.” Jambura Nursing Journal
(2): 121–34.
Stuart dan Sudeen. 2016. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT
Alfabeta.
Sugiyono. 2020. Metodelogi Penelitian Kesehatan. 1st ed.
Suminarsis, Tyas Ardi, and Agus Sudaryanto. 2018. “Hubungan Antara Tingkat
Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Keperwatan Menghadapi
Praktek Belajar Lapangan Di Rumah Sakit.” eJournal UMS: 149–54.
Swarjana, Ketut. 2022. “Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres,
Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan,
Pendemi Covid-19.” In Akses Pelayanan Kesehatan, Yogyakarta.
Toru, Veronika. 2019. “The Impact of Stress Experienced by Students When
Completing Thesis.” Jurnal Kesehatan Primer 4(1): 30–41.
Ulfa, Rafika. 2019. “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal pendidikan
dan keislaman 6115: 196–215.
Usraleli, Melly Melly, and Roza Deliana. 2020. “Hubungan Strategi Koping
Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau Yang Menyusun
Skripsi.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20(3): 967.
WHO. 2020. ““Mental Health: Strengthening Our Response.” Retrieved.
https://www.who.int/news-room/factsheets/detail/mentalhealthstrengthening-our-response.
WHO. 2023. “Stress.” 6 APRIL. https://www.who.int/news-room/questions-andanswers/item/stress#:~:text=12 October 2021 %7C Q%26A,that requires
attention or action.
Wijayanti, Annisa, Ani Margawati, and Hartanti Sandi Wijayanti. 2019.
“Hubungan Stres, Perilaku Makan, Dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi
Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” Journal of Nutrition College 8(1): 1.
WIlda, Dahlia. 2017. “Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stres
Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di Fakultas Keperawatan Universitas
Andalas Padang.” Doctoral dissertation, Universitas Andalas.
Wulandari, Lita. 2018. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan
Emosional Remaja Di SMPN 28 Banjarmasin.” Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Sari Mulia Banjarmasin.