HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN TAHUN 2023 DI UNIVERSITAS ICHSAN SATYA

Authors

  • Inten Pertiwi
  • Vebry Haryati Lubis Stikes IMC Bintaro
  • Puji Lestari

Keywords:

Mekanisme Koping, Tingkat Stres, Penyusunan Skripsi

Abstract

Latar Belakang : Stres akademik merupakan salah satu reaksi yang terjadi pada seorang
mahasiswa yang disebabkan oleh rangsangan akademik. Faktor penyebab stres menyusun
skripsi terbagi menjadi faktor internal seperti jenis kelamin, status sosial ekonomi,
karakteristik kepribadian mahasiswa, mekanisme koping mahasiwa dan inteligensi,
sedangkan faktor eksternal yaitu tuntutan tugas akademik dan hubungan mahasiswa dengan
lingkungannya. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
makanisme koping dengan tingkat stres mahasiswa semester akhir dalam menyusun skripsi
program studi sarjana keperawatan di Universitas Ichsan Satya. Metodelogi Penelitian :
Penelitian ini merupakan rancangan kuantitaif dengan pendekatan cross-sectional.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa prodi S1 keperawatan agkatan
2020 kelas reguler yang sedang menyusun skripsi di Universitas Ichsan Satya sebanyak 40
orang. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan 40 responden mahasiswa lebih
banyak yang memiliki tingkat stres yang berat dalam mekanisme koping maladaptif yaitu
19 orang (85,4%) dibandingkan dengan mekanisme koping adaptif yaitu 5 orang (27,8%),
sedangkan mahasiswa yang memiliki tingkat stres tidak berat lebih banyak dengan
mekanisme koping adaptif yaitu 13 orang (72,2%) dibandingkat dengan mekanisme koping
maladaptif 3 orang (13,6%). Simpulan : Terdapat hubungan mekanisme koping dengan
tingkat stres mahasiswa semester akhir dalam menyusun skripsi Progam Studi Sarjana
Keperawan tahun 2023 di Universitas Ichsan Satya, (p value = 0,001) dengan OR 16,467
Saran : Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak institusi pendidikan
mempertimbangkan ketersediaan kegiatan yang bisa membuat mahasiswa memperhatikan
aspek emosional agar beban akademik yang dihadapi bisa menjadi pedoman dalam
menjalani kebijakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusto, Nyoman Wigo. 2018. “Hubungan Persepsi Mahasiswa Tingkat Akhir

Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Stres Dalam Menulis Skripsi

Pada Program Studi S1 Keperawatan Stikes Bhakti Kecana Bandung.” Stike

Ilmu Kesehatan Bhakti Kencana Bandung.

Alimah, Chabibatul, and Riza Noviana Khoirunnisa. 2021. “Hubungan Antara SelfEfficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan

Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Penelitian Psikologi 8(2): 160–

Ambarwati, Putri Dewi, Sambodo Sriadi Pinilih, and Retna Tri Astuti. 2019.

“Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa.” Jurnal Keperawatan Jiwa 5(1): 40.

Ardyani, Bunga, and Gusrina Komara Putri. 2021. “Mekanisme Koping Pada

Remaja Di Desa Ragajaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor.”

Indonesian Journal of Nursing Scientific 1(1): 43–50.

Aulia, Syifa, and Ria Utami Panjaitan. 2019. “Kesejahteraan Psikologis Dan

Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” Jurnal Keperawatan Jiwa

(2): 127.

Barseli, Mufadhal, Ifdil Ifdil, and Nikmarijal Nikmarijal. 2017. “Konsep Stres

Akademik Siswa.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 5(3): 143–48.

Candra, I, W. 3019. “Stress Adaptasi Dan Manajement Stres.” menuju prilaku sehat

mental dan hidup bahagia nuha medika.

Carsita, Wenny Nugrahati. 2019. “Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan

Yang Menyusun Skripsi.” Jurnal Kesehatan Indra Husada 6(2): 76.

Da’awi, Muh Mujib, and Walda Isna Nisa. 2021. “Pengaruh Dukungan Sosial

Terhadap Tingkat Stres Dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi.” Jurnal

literasi psikologi 1(1): 67–75.

Donsu, Jenita Doli. 2016. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta:

Pustaka Baru.

Dwipermana, Kadek Bayu. 2016. “Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat

Stres Mahasiswa Selama Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Stikes Ngudi

Waluyo Ungaran.” Jurnal Keperawatan 1(1): 1–14.

Fella, Maria, Thika Sary, and Nefi Damayanti. 2019. “Hubungan Kecerdasan

Emosi Dan Pola Asuh Demokratis Dengan Strategi Coping Adaptif Pada

Mahasiswa Tingkat Akhir.” Jurnal Ilmiah Magister Psikologi 1(2): 191–97.

http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/.

Fellasari, Farieska, and Yuliana Intan Lestari. 2017. “Hubungan Antara Pola Asuh

Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja.” Jurnal Psikologi 12(2): 84.

Gamayanti, Witrin, Mahardianisa Mahardianisa, and Isop Syafei. 2018. “Self

Disclosure Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan

Skripsi.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 5(1): 115–30.

Hasanah, Muhimmatul. 2019. “Stres Dan Solusinya Dalam Perspektif Psikologi

Dan Islam.” Jurnal Ummul Qura XIII(1): 104–16.

http://ejournal.insud.ac.id/index.php/UQ/article/download/50/44.

Hasmayni, Babby, and Johannes S. Lumbanbatu. 2019. “Gambaran Lifelifestyle

Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Iphone Di Universitas Medan

Area.” Jurnal tekesnos 1(1): 9–16.

Hulukati, Wenny, and Moh. Rizki Djibran. 2018. “Analisis Tugas Perkembangan

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.”

Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik) 2(1): 73.

Indarwati, I. 2018. Gambaran Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan

Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin

Makasaar. Makassar.

Iriani, Annisa Puteri. 2022. “Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semester.”

https://profesi-unm.com/mahasiswa-unm/ini-kesibukan-mahasiswaberdasarkan-semester-kamu-yang-mana/.

Kasimo, Tadeus Alberto. 2017. “Pengaruh Strategi Koping Terhadap Stres Pada

Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi.” Jurnal Psikologi 000:

–15.

Kurniawti, W, and R Setyaningsih. 2020. “Manajemen Stress Pada Mahasiswa

Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi.” Jurnal An-Nur: Kajian

Pendidikan dan Ilmu Keislaman 5(3): 248–53.

Lavari, Waiez. 2019. “Gambaran Mekanisme Koping Mahasiswa Dalam Menyusun

Skripsi Di Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Hang Tuah Pekanbaru.”

Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences) 8(1): 32–41.

https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/215.

Lestari, Popi Eka, Ramaita Ramaita, and Sri Ameliati. 2021. “Studi Literatur :

Hubungan Tingkat Stres Dengan Motivasi Mahasiswa Dalam Menyusun

Skripsi.” Indonesia Jurnal Perawat 6(1): 15.

Lumban Gaol, Nasib Tua. 2016. “Teori Stres: Stimulus, Respons, Dan

Transaksional.” Buletin Psikologi 24(1): 1.

Madaniah, Resa. 2020. “Hubungan Antara Mekanisme Koping Dengan Tingkat

Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di Program Studi Sarjana

Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Bandung.” Universitas Bhakti

Kencana.

Musabiq, Sugiarti A., and Isqi Karimah. 2018. “Gambaran Stress Dan Dampaknya

Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75–83.

Https://Doi.Org/10.26486/Psikologi.V20i2.240ya Pada Mahasiswa.” Insight:

Jurnal Ilmiah Psikologi 20(2): 75–83.

Nababan, Dinda Pratiwi. 2021. “Tingkat Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi Di

Masa Pandemi Covid-19.” Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Nadatien, Ima, and Mulayyinah Mulayyinah. 2019. “Hubungan Mekanisme Koping

Dengan Tingkat Stres Pada Pasien Kanker Di Yayasan Kanker Indonesia

Cabang Jawa Timur.” JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan) 2(2): 68–71.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka

Cipta.

Nur, Ridha Raudah, Eva Latipah, and Ismatul Izzah. 2023. “Perkembangan

Kognitif Mahasiswa Pada Masa Dewasa Awal.” Jurnal Manajemen dan

Pendidikan Dasar 3(211–219): 211–19.

Nurrahmasia, Nurrahmasia, Emmy Amalia, and Dian Puspita Sari. 2021.

“Hubungan Mekanisme Koping Dengan Skor Kecemasan Dalam Menghadapi

Ujian Keterampilan Medik Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter

Universitas Mataram.” Smart Medical Journal 4(1): 18.

Perry., Potter &. 2015. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba

Medika.

Priyoto. 2019. Nuha Medika Konsep Manajemen Stres. 2nd ed. ed. Nuha Medika.

Rahmadhaniah, Nur Dina, and Pipit Feriani. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang

Tua Dengan Perilaku Pencegahan Kekerasan Seksual Di TK Al-Jawahir

Samarinda.” Borneo Student Research 1(3): 2020.

https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1055.

Rahmayani, Sembiring. 2016. “Strategi Coping Anak Didik Di Lembaga

Permasyarakatan Anak Kelas II B Pekanbaru.” Universitas Islam Negri Sultan

Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Riskesdas. 2018. “Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian

Kesehatan RI.” Jakarta: Kemenkes RI.

Riski Amelia, Dinda. 2022. “Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stres

Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menyusun Skripsi Di STIkes Alifah

Padang.” STIKes Alifah Padang.

Roellyana, Shahnaz, Ratih Arruum Listiyandini. 2016. “Hubungan Optimisme

Tehadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan

Skripsi.” Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia

(1): 29–37.

Rokhim, Abdul, Faizatur Rohmi, and Zulfikar Muhammad. 2022. “Hubungan Pola

Asuh Keluarga Dengan Mekanisme Koping Pada Penderita Skizofrenia.”

Nursing Sciences Journal 6(1): 6.

Safitri, Yuhanda, and Ns Eny Hidayati. 2019. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang

Tua Dengan Tingkat Depresi Remaja Di Smk 10 November Semarang.”

Jurnal Keperawatan Jiwa 1(1): 11–17.

Sari, Dewa Ayu, Dodi Wijaya, and Retno Purwandari. 2017. “Hubungan Persepsi

Mahasiswa Tentang Profesi Keperawatan Dengan Motivasi Melanjutkan

Pendidikan Profesi Ners Di PSIK Universitas Jember.” e-Journal Pustaka

Kesehatan (JPK) 5(3): 505–12.

Sartika, Ita Erlia. 2023. “Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Permisif Dengan

Prokastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi

Di Universitas Muhammadiyah Aceh.” 5: 1–14.

https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1055.

Septyari, Ni Made, I Made Sudarma Adiputra, and Ni Luh Putu Devhy. 2022.

“Tingkat Stres Dan Mekanisme Koping Mahasiswa Dalam Penyusunan

Skripsi Pada Masa Pandemi.” Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi 11(1): 14.

Seto, Stefania Baptis, Maria Trisna Sero Wondo, and Maria Fatima Mei. 2020.

“Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis

Tugas Akhir (Skripsi).” Jurnal Basicedu 4(3): 733–39.

Sholihah, A N. 2018. “Ragam Koping Pada Remaja Saat Mengalami

Psikosomatis.” Intan Husada: Jurnal Ilmiah Keperawatan 6(1): 22–30.

https://www.akperinsada.ac.id/e-jurnal/index.php/insada/article/view/87.

Siregar, Harri, and Fadli Ilhami. 2022. Hubungan Tingkat Stres Dengan Mekanisme

Koping Pada Mahasiswa Profesi Ners Di Fakultas Keperawaran Universitas

Andalas Padang.

Soeli, Yuniar Masnye, Muhamad Syukriani Yusuf, and Puspita Ayuba. 2022.

“Hubungan Tingkat Stres Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa

Keperawatan UNG Dalam Penyusunan Skripsi.” Jambura Nursing Journal

(2): 121–34.

Stuart dan Sudeen. 2016. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT

Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metodelogi Penelitian Kesehatan. 1st ed.

Suminarsis, Tyas Ardi, and Agus Sudaryanto. 2018. “Hubungan Antara Tingkat

Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Keperwatan Menghadapi

Praktek Belajar Lapangan Di Rumah Sakit.” eJournal UMS: 149–54.

Swarjana, Ketut. 2022. “Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres,

Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan,

Pendemi Covid-19.” In Akses Pelayanan Kesehatan, Yogyakarta.

Toru, Veronika. 2019. “The Impact of Stress Experienced by Students When

Completing Thesis.” Jurnal Kesehatan Primer 4(1): 30–41.

Ulfa, Rafika. 2019. “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal pendidikan

dan keislaman 6115: 196–215.

Usraleli, Melly Melly, and Roza Deliana. 2020. “Hubungan Strategi Koping

Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau Yang Menyusun

Skripsi.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20(3): 967.

WHO. 2020. ““Mental Health: Strengthening Our Response.” Retrieved.

https://www.who.int/news-room/factsheets/detail/mentalhealthstrengthening-our-response.

WHO. 2023. “Stress.” 6 APRIL. https://www.who.int/news-room/questions-andanswers/item/stress#:~:text=12 October 2021 %7C Q%26A,that requires

attention or action.

Wijayanti, Annisa, Ani Margawati, and Hartanti Sandi Wijayanti. 2019.

“Hubungan Stres, Perilaku Makan, Dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi

Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” Journal of Nutrition College 8(1): 1.

WIlda, Dahlia. 2017. “Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stres

Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di Fakultas Keperawatan Universitas

Andalas Padang.” Doctoral dissertation, Universitas Andalas.

Wulandari, Lita. 2018. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan

Emosional Remaja Di SMPN 28 Banjarmasin.” Sekolah Tinggi Ilmu

Kesehatan Sari Mulia Banjarmasin.

Published

2024-10-31

How to Cite

Pertiwi, I., Haryati Lubis, V., & Lestari, P. . (2024). HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN TAHUN 2023 DI UNIVERSITAS ICHSAN SATYA. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 7(2), 158–170. Retrieved from https://jurnal.stikesimcbintaro.ac.id/index.php/djs/article/view/238

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)