HUBUNGAN PENGALAMAN BULLYING DENGAN TINGKAT DEPRESI YANG DIALAMI MURID KELAS X DAN XI DI SMK KESEHATAN UTAMA INSANI PANONGAN TANGERANG TAHUN 2023
Keywords:
Pengalaman bullying, tingkat depresi, remajaAbstract
Pendahuluan: Belntuk bullying tidak hanya dilakukan selbatas melnelndang, melmukul,
melnjatuhka, atau kelkelrasan fisik lainnya. Cacian, hinaan, dan eljelkan juga dapat dikatelgorikan
selbagai pelrundungan (Setiyawan & Yogyakarta, 2022). Delprelsi adalah keladaan suasana hati
yang relndah dan kelelngganan untuk mellakukan aktivitas atau sikap apatis yang dapat
melmelngaruhi pikiran, pelrasaan, pelrilaku, dan rasa seljahtelra selselorang (Setiadi et al., 2021)..
Tujuan Penelitian: untuk mengetahui apakah ada hubungan pengalaman bullying terhadap
tingkat depresi yang dialami kelas X dan XI di SMK Utama Insani Panongan. Metode: jenis
penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental dengan metode penelitian bersifat analitik
observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah
murid kelas X dan XI dengan jumlah sampel 60 responden. Instrument penelitian ini
menggunakan kuesioner Patient Health-9 dan (QBVQ). Hasil Penelitian: sebagian besar
mengalami pengalaman bullying kategori sedang sebesar (55% ) dan yang mengalami tingkat
depresi kategori berat sebesar (55% ). Kesimpulan: ada hubungan pengalaman bullying
terhadap tingkat depresi yang dialami kelas X dan XI di SMK Utama Insani Panongan. (p value
= 0,003). Saran: untuk peneliti selanjutnya lebih menambah populasi yang diteliti dan
menambahkan cara mengatasi depresi.
Downloads
References
ALlhalwalri, V. alnd ALyu Praltiwi (2021) ‘Study Litelralturel Relvielw : Pelngalruh ELfelktivitals
Telralpi ALktivitals Kellompok Telrhaldalp Tingkalt Delprelsi Paldal Lalnsial’, Jurnall
Kelselhaltaln, 10(1), pp. 82–90. ALvalilalblel alt:
https://doi.org/10.37048/kelselhaltaln.v10i1.342.
Dirgalyunital, AL. (2016) ‘Delprelsi: Ciri, Pelnyelbalb daln Pelnalngalnnyal’, Journall ALn-Nalfs:
Kaljialn Pelnellitialn Psikologi, 1(1), pp. 1–14. ALvalilalblel alt:
https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.235.
Disusun, S. elt all. (2022) ‘Pelngalruh Tindalkaln Bullying Telrhaldalp Pelrkelmbalngaln Melntall
ALnalk Kellals V Selkolalh Progralm Studi Pelndidikaln Guru Selkolalh Dalsalr’, pp. 1–
ELlsal Salvitriel, SKM, M.K. (2022) Melngelnall Pelntingnyal Kelselhaltaln Melntall paldal Relmaljal, kelmelntrialn kelselhaltaln. ALvalilalblel alt:
https://yalnkels.kelmkels.go.id/vielw_alrtikell/362/melngelnall-pelntingnyalkelselhaltaln-melntall-paldal-relmaljal#:~:telxt=Kelselhaltaln melntall melrupalkaln kondisi
dimalnal,melnghalsilkaln%2C selrtal malmpu melmbelrikaln kontribusi.
Faldillal, D.N. alnd Fualdy, M.EL. (2022) ‘Relprelselntalsi Bullying paldal Dralmal Korelal Truel Belaluty’, Balndung Confelrelncel Selriels: Public Rellaltions, 2(1), pp. 96–104.
ALvalilalblel alt: https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.347.
Faldli, dr. R. (2023) Delprelsi, Hallodoc. ALvalilalblel alt:
https://www.hallodoc.com/kelselhaltaln/delprelsi.
Halinels (2019) ‘Kelselhaltaln Melntall ALnalk daln Relmaljal’, Journall of Chelmicall Informaltion
alnd Modelling, 53(9), pp. 1689–1699.
Ii, B.AL.B. (2009) ‘No Titlel’, pp. 14–27.
Ii, B.AL.B. elt all. (2009) ‘Rualng Lingkup Ujalraln Kelbelncialn’, (alpril 2016).
Ningrum, D.J., Suryaldi, S. alnd Chalndral Walrdhalnal, D.EL. (2019) ‘Kaljialn Ujalraln
Kelbelncialn Di Meldial Sosiall’, Jurnall Ilmialh KORPUS, 2(3 SEL-ALrticlels), pp.
–252. ALvalilalblel alt: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6779.
Prokomseltdal, AL. (2017) ‘Ujalraln kelbelncialn’, prokomseltdal [Prelprint].
Punggur, P. (2022) Melngelnall Malsallalh Kelselhaltaln Jiwal Paldal Relmaljal, kelmelnkelsRI.
ALvalilalblel alt:
Ralhalyu, B.AL. alnd Pelrmalnal, I. (2019) ‘Bullying di Selkolalh : Kuralngnyal ELmpalti Pellalku
Bullying daln Pelncelgalhaln’, Jurnall Kelpelralwaltaln Jiwal, 7(3), p. 237. ALvalilalblel
alt: https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246.
Ralhmalwalty, F. elt all. (2022) ‘Falktor-Falktor yalng Melmpelngalruhi Kelselhaltaln Melntall
paldal Relmaljal’, Jurnall Suryal Meldikal, 8(3), pp. 276–281. ALvalilalblel alt:
https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4522.
Richalrd B. Belrry MD (2012) Kuelsionelr Kelselhaltaln Palsieln 9, scielnceldirelct. ALvalilalblel
ALgisyalputri, E., Naldhiralh, N. AL., & Salripalh, I. (2023). Identifikalsi fenomenal perilalku
bullying paldal remaljal. Jurnall Bimbingaln Daln Konseling, 3, 19–30.
https://jurnall.stkipmb.alc.id/index.php/jubikops/alrticle/view/201/152
Dewi, Lalksmii, V. (2020). Posttralumaltic growth almong aldolescents victims of
bullying. Psikologial: Jurnall Pemikiraln Daln Penelitialn Psikologi, 15(1), 13–25.
https://doi.org/10.32734/psikologial.v15i1.4342
Dialnovininal, K. (2018). Depresi paldal Remaljal: Gejallal daln Permalsallalhalnnyal. Journall
Psikogenesis, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.24854/jps.v6i1.634
Galete, J., Vallenzuelal, D., Godoy, M. I., Rojals-Balralhonal, C. AL., Sallmivallli, C., &
ALralyal, R. (2021). Vallidaltion of the Revised Olweus Bully/Victim Questionnalire
(OBVQ-R) ALmong ALdolescents in Chile. Frontiers in Psychology, 12(ALpril), 1–
https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.578661
Haldi, I., Fitriwijalyalnti, Usmaln, D., & Rosyalnti, L. (2017). Hubungaln Depresi daln
Galnggualn Sualsalnal Halti. Heallth Informaltion Jurnall Penelitialn, 9(1), 34–48.
https://myjurnall.poltekkes-kdi.alc.id/index.php/HIJP
Holifalh, U. N. (2019). Pengalruh Teralpi Observed & Experientall Integraltion (Oei)
Terhaldalp Penurunaln Depresi Paldal Remaljal Perempualn Di Ballali Perlindungaln
Daln Rehalbilitals Sosiall Walnital Yogyalkalrtal. Psikologi, 19–56.
http://eprints.mercubualnal-yogyal.alc.id/id/eprint/3/2/BALB II.pdf
Kosalnke, R. M. (2019). Tinjalualn Umum Tentalng Perundungaln (Bullying).
Kriminologi, 5, 16.
Malrdhiyyalh, R., Malryalm, Laldy, Faljrialnal, AL. D., Firmalnsyalh4, H. F., Ilhalm,
Falktkhurralhmaln, & , Faltmalsalri Lubis, S.T., M. . (2022). Pencegalhaln
Perundungaln / Bullying Terhaldalp ALnalk. Seminalr Nalsionall Pengalbdialn
Malsyalralkalt LPPM UMJ, 2–6.
Nurdialnal, S., Dewi Pertiwi, F., & Dwimalwalti, E. (2021). Falktor-Falktor Yalng
Berhubungaln Dengaln Pengallalmaln Bullying Di Smk Negeri 2 Bogor Provinsi
Jalwal Balralt Talhun 2018. Promotor, 3(6), 605–613.
https://doi.org/10.32832/pro.v3i6.5567
Nurdialnsyalh, AL. (2020). Haldist temaltik algung Nurdialnsyalh.
Pertiwi, F. D., & Nurdialnal, S. N. (2019). Hubungaln Sikalp Dengaln Pengallalmaln
(Bullying) Paldal Siswal Smkn 2 Kotal Bogor. Healrty, 7(1).
https://doi.org/10.32832/healrty.v7i1.2298
Praltiwi, I., Herlinal, H., & Utalmi, G. T. (2021). Galmbalraln Perilalku Bullying Verball
Paldal Siswal Sekolalh Dalsalr : Literalture Review. Jkep, 6(1), 51–68.
https://doi.org/10.32668/jkep.v6i1.436
Punggur, P. (2022). MENGENALL MALSALLALH KESEHALTALN JIWAL PALDAL REMALJAL.
KemenkesRI. https://puskesmals.kuburalyalkalb.go.id/punggur/reald/152/mengenallmalsallalh-kesehaltaln-jiwal-paldal-remaljal Ralmaldhalni, & Retnowalti. (2013). Depresi Paldal Remaljal Korbaln Bullying. Jurnall
Psikologi UIN Sultaln Syalrif Kalsim Rialu, 9(Desember), 73–79.
Setialdi, R., ALrsyalwinal, Kallsum, U., Syukur, N. AL., & Ralmdaln, I. M. (2021). Bullying
als al Risk Falctor of Depression on Undergraldualte Heallth Students. Globall
Pedialtric Heallth, 8(38). https://doi.org/10.1177/2333794X211023711
Setiyalwaln, R., & Yogyalkalrtal, U. M. (2022). Perundungaln sesalmal siswal di sekolalh.
Jurnall Nalskalh Prosiding Temilals, Jalnualry, 0–15.
Theodore, W., & Sudalrji, S. (2019). FALKTOR-FALKTOR PERILALKU
PERUNDUNGALN PALDAL PELALJALR USIAL REMALJAL DI JALKALRTAL Falctors of
Bullying Behalvior of ALdolescence ALge Students’ in Jalkalrtal. Jurnall Psibernetikal,
(2), 67–79. http://dx.doi.org/10.30813/
Uttral, M. (2021). III.3.1 Besalr Salmpel Penelitialn Rumus untuk menentukaln jumlalh
salmpel siswal dallalm penelitialn ini aldallalh menggunalkaln rumus uji bedal dual proporsi: n =. 1, 28–31.
Wicalksalnal, AL., & Ralchmaln, T. (2018). Kalralkteristik Perubalhaln Paldal Remaljal.
ALngewalndte Chemie Internaltionall Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
https://medium.com/@alrifwicalksalnalal/pengertialn-use-calse-al7e576e1b6bf