HUBUNGAN PENGALAMAN BULLYING DENGAN TINGKAT DEPRESI YANG DIALAMI MURID KELAS X DAN XI DI SMK KESEHATAN UTAMA INSANI PANONGAN TANGERANG TAHUN 2023

Authors

  • Idelitiana Delan Danuli
  • Sondang Deri Maulina Pasaribu Stikes IMC Bintaro
  • Beata Rivani

Keywords:

Pengalaman bullying, tingkat depresi, remaja

Abstract

Pendahuluan: Belntuk bullying tidak hanya dilakukan selbatas melnelndang, melmukul,
melnjatuhka, atau kelkelrasan fisik lainnya. Cacian, hinaan, dan eljelkan juga dapat dikatelgorikan
selbagai pelrundungan (Setiyawan & Yogyakarta, 2022). Delprelsi adalah keladaan suasana hati
yang relndah dan kelelngganan untuk mellakukan aktivitas atau sikap apatis yang dapat
melmelngaruhi pikiran, pelrasaan, pelrilaku, dan rasa seljahtelra selselorang (Setiadi et al., 2021)..
Tujuan Penelitian: untuk mengetahui apakah ada hubungan pengalaman bullying terhadap
tingkat depresi yang dialami kelas X dan XI di SMK Utama Insani Panongan. Metode: jenis
penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental dengan metode penelitian bersifat analitik
observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah
murid kelas X dan XI dengan jumlah sampel 60 responden. Instrument penelitian ini
menggunakan kuesioner Patient Health-9 dan (QBVQ). Hasil Penelitian: sebagian besar
mengalami pengalaman bullying kategori sedang sebesar (55% ) dan yang mengalami tingkat
depresi kategori berat sebesar (55% ). Kesimpulan: ada hubungan pengalaman bullying
terhadap tingkat depresi yang dialami kelas X dan XI di SMK Utama Insani Panongan. (p value
= 0,003). Saran: untuk peneliti selanjutnya lebih menambah populasi yang diteliti dan
menambahkan cara mengatasi depresi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALlhalwalri, V. alnd ALyu Praltiwi (2021) ‘Study Litelralturel Relvielw : Pelngalruh ELfelktivitals

Telralpi ALktivitals Kellompok Telrhaldalp Tingkalt Delprelsi Paldal Lalnsial’, Jurnall

Kelselhaltaln, 10(1), pp. 82–90. ALvalilalblel alt:

https://doi.org/10.37048/kelselhaltaln.v10i1.342.

Dirgalyunital, AL. (2016) ‘Delprelsi: Ciri, Pelnyelbalb daln Pelnalngalnnyal’, Journall ALn-Nalfs:

Kaljialn Pelnellitialn Psikologi, 1(1), pp. 1–14. ALvalilalblel alt:

https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.235.

Disusun, S. elt all. (2022) ‘Pelngalruh Tindalkaln Bullying Telrhaldalp Pelrkelmbalngaln Melntall

ALnalk Kellals V Selkolalh Progralm Studi Pelndidikaln Guru Selkolalh Dalsalr’, pp. 1–

ELlsal Salvitriel, SKM, M.K. (2022) Melngelnall Pelntingnyal Kelselhaltaln Melntall paldal Relmaljal, kelmelntrialn kelselhaltaln. ALvalilalblel alt:

https://yalnkels.kelmkels.go.id/vielw_alrtikell/362/melngelnall-pelntingnyalkelselhaltaln-melntall-paldal-relmaljal#:~:telxt=Kelselhaltaln melntall melrupalkaln kondisi

dimalnal,melnghalsilkaln%2C selrtal malmpu melmbelrikaln kontribusi.

Faldillal, D.N. alnd Fualdy, M.EL. (2022) ‘Relprelselntalsi Bullying paldal Dralmal Korelal Truel Belaluty’, Balndung Confelrelncel Selriels: Public Rellaltions, 2(1), pp. 96–104.

ALvalilalblel alt: https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.347.

Faldli, dr. R. (2023) Delprelsi, Hallodoc. ALvalilalblel alt:

https://www.hallodoc.com/kelselhaltaln/delprelsi.

Halinels (2019) ‘Kelselhaltaln Melntall ALnalk daln Relmaljal’, Journall of Chelmicall Informaltion

alnd Modelling, 53(9), pp. 1689–1699.

Ii, B.AL.B. (2009) ‘No Titlel’, pp. 14–27.

Ii, B.AL.B. elt all. (2009) ‘Rualng Lingkup Ujalraln Kelbelncialn’, (alpril 2016).

Ningrum, D.J., Suryaldi, S. alnd Chalndral Walrdhalnal, D.EL. (2019) ‘Kaljialn Ujalraln

Kelbelncialn Di Meldial Sosiall’, Jurnall Ilmialh KORPUS, 2(3 SEL-ALrticlels), pp.

–252. ALvalilalblel alt: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6779.

Prokomseltdal, AL. (2017) ‘Ujalraln kelbelncialn’, prokomseltdal [Prelprint].

Punggur, P. (2022) Melngelnall Malsallalh Kelselhaltaln Jiwal Paldal Relmaljal, kelmelnkelsRI.

ALvalilalblel alt:

https://puskelsmals.kuburalyalkalb.go.id/punggur/relald/152/melngelnall-malsallalhkelselhaltaln-jiwal-paldal-relmaljal.

Ralhalyu, B.AL. alnd Pelrmalnal, I. (2019) ‘Bullying di Selkolalh : Kuralngnyal ELmpalti Pellalku

Bullying daln Pelncelgalhaln’, Jurnall Kelpelralwaltaln Jiwal, 7(3), p. 237. ALvalilalblel

alt: https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246.

Ralhmalwalty, F. elt all. (2022) ‘Falktor-Falktor yalng Melmpelngalruhi Kelselhaltaln Melntall

paldal Relmaljal’, Jurnall Suryal Meldikal, 8(3), pp. 276–281. ALvalilalblel alt:

https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4522.

Richalrd B. Belrry MD (2012) Kuelsionelr Kelselhaltaln Palsieln 9, scielnceldirelct. ALvalilalblel

alt: https://www.scielnceldirelct.com/topics/nursing-alnd-helallthprofelssions/paltielnt-helallth-quelstionnalirel-9.

ALgisyalputri, E., Naldhiralh, N. AL., & Salripalh, I. (2023). Identifikalsi fenomenal perilalku

bullying paldal remaljal. Jurnall Bimbingaln Daln Konseling, 3, 19–30.

https://jurnall.stkipmb.alc.id/index.php/jubikops/alrticle/view/201/152

Dewi, Lalksmii, V. (2020). Posttralumaltic growth almong aldolescents victims of

bullying. Psikologial: Jurnall Pemikiraln Daln Penelitialn Psikologi, 15(1), 13–25.

https://doi.org/10.32734/psikologial.v15i1.4342

Dialnovininal, K. (2018). Depresi paldal Remaljal: Gejallal daln Permalsallalhalnnyal. Journall

Psikogenesis, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.24854/jps.v6i1.634

Galete, J., Vallenzuelal, D., Godoy, M. I., Rojals-Balralhonal, C. AL., Sallmivallli, C., &

ALralyal, R. (2021). Vallidaltion of the Revised Olweus Bully/Victim Questionnalire

(OBVQ-R) ALmong ALdolescents in Chile. Frontiers in Psychology, 12(ALpril), 1–

https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.578661

Haldi, I., Fitriwijalyalnti, Usmaln, D., & Rosyalnti, L. (2017). Hubungaln Depresi daln

Galnggualn Sualsalnal Halti. Heallth Informaltion Jurnall Penelitialn, 9(1), 34–48.

https://myjurnall.poltekkes-kdi.alc.id/index.php/HIJP

Holifalh, U. N. (2019). Pengalruh Teralpi Observed & Experientall Integraltion (Oei)

Terhaldalp Penurunaln Depresi Paldal Remaljal Perempualn Di Ballali Perlindungaln

Daln Rehalbilitals Sosiall Walnital Yogyalkalrtal. Psikologi, 19–56.

http://eprints.mercubualnal-yogyal.alc.id/id/eprint/3/2/BALB II.pdf

Kosalnke, R. M. (2019). Tinjalualn Umum Tentalng Perundungaln (Bullying).

Kriminologi, 5, 16.

Malrdhiyyalh, R., Malryalm, Laldy, Faljrialnal, AL. D., Firmalnsyalh4, H. F., Ilhalm,

Falktkhurralhmaln, & , Faltmalsalri Lubis, S.T., M. . (2022). Pencegalhaln

Perundungaln / Bullying Terhaldalp ALnalk. Seminalr Nalsionall Pengalbdialn

Malsyalralkalt LPPM UMJ, 2–6.

Nurdialnal, S., Dewi Pertiwi, F., & Dwimalwalti, E. (2021). Falktor-Falktor Yalng

Berhubungaln Dengaln Pengallalmaln Bullying Di Smk Negeri 2 Bogor Provinsi

Jalwal Balralt Talhun 2018. Promotor, 3(6), 605–613.

https://doi.org/10.32832/pro.v3i6.5567

Nurdialnsyalh, AL. (2020). Haldist temaltik algung Nurdialnsyalh.

Pertiwi, F. D., & Nurdialnal, S. N. (2019). Hubungaln Sikalp Dengaln Pengallalmaln

(Bullying) Paldal Siswal Smkn 2 Kotal Bogor. Healrty, 7(1).

https://doi.org/10.32832/healrty.v7i1.2298

Praltiwi, I., Herlinal, H., & Utalmi, G. T. (2021). Galmbalraln Perilalku Bullying Verball

Paldal Siswal Sekolalh Dalsalr : Literalture Review. Jkep, 6(1), 51–68.

https://doi.org/10.32668/jkep.v6i1.436

Punggur, P. (2022). MENGENALL MALSALLALH KESEHALTALN JIWAL PALDAL REMALJAL.

KemenkesRI. https://puskesmals.kuburalyalkalb.go.id/punggur/reald/152/mengenallmalsallalh-kesehaltaln-jiwal-paldal-remaljal Ralmaldhalni, & Retnowalti. (2013). Depresi Paldal Remaljal Korbaln Bullying. Jurnall

Psikologi UIN Sultaln Syalrif Kalsim Rialu, 9(Desember), 73–79.

Setialdi, R., ALrsyalwinal, Kallsum, U., Syukur, N. AL., & Ralmdaln, I. M. (2021). Bullying

als al Risk Falctor of Depression on Undergraldualte Heallth Students. Globall

Pedialtric Heallth, 8(38). https://doi.org/10.1177/2333794X211023711

Setiyalwaln, R., & Yogyalkalrtal, U. M. (2022). Perundungaln sesalmal siswal di sekolalh.

Jurnall Nalskalh Prosiding Temilals, Jalnualry, 0–15.

Theodore, W., & Sudalrji, S. (2019). FALKTOR-FALKTOR PERILALKU

PERUNDUNGALN PALDAL PELALJALR USIAL REMALJAL DI JALKALRTAL Falctors of

Bullying Behalvior of ALdolescence ALge Students’ in Jalkalrtal. Jurnall Psibernetikal,

(2), 67–79. http://dx.doi.org/10.30813/

Uttral, M. (2021). III.3.1 Besalr Salmpel Penelitialn Rumus untuk menentukaln jumlalh

salmpel siswal dallalm penelitialn ini aldallalh menggunalkaln rumus uji bedal dual proporsi: n =. 1, 28–31.

Wicalksalnal, AL., & Ralchmaln, T. (2018). Kalralkteristik Perubalhaln Paldal Remaljal.

ALngewalndte Chemie Internaltionall Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.

https://medium.com/@alrifwicalksalnalal/pengertialn-use-calse-al7e576e1b6bf

Published

2024-10-31

How to Cite

Idelitiana Delan Danuli, Pasaribu, S. D. M., & Beata Rivani. (2024). HUBUNGAN PENGALAMAN BULLYING DENGAN TINGKAT DEPRESI YANG DIALAMI MURID KELAS X DAN XI DI SMK KESEHATAN UTAMA INSANI PANONGAN TANGERANG TAHUN 2023. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 7(2), 187–196. Retrieved from https://jurnal.stikesimcbintaro.ac.id/index.php/djs/article/view/241

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)