PENGARUH METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK PRASEKOLAH TAHUN 2022

Authors

  • Dwi Khaerunnisa
  • Oryza Intan Suri Universitas Ichsan Satya
  • Dewi Anggraini

DOI:

https://doi.org/10.63448/88247245

Keywords:

listening, speak, storytelling

Abstract

Pendahuluan : kemampuan menyimak dan berbicara adalah salah satu dasar pembelajar bahasa yang harus di asa dan membutuhkan stimulus sejak dini, dan  dapat memperlancar komunikasi lisan dan menambah pengetahuan.  Masa usia prasekolah merupakan masa emas yang merupakan fase penting untuk diperhatikan karena pada fase ini pertumbuhan dan perkembangan seorang anak akan berkembang begitu pesat dan banyak mengalami perubahan yang sangat berarti. Agar pertumbuhan anak usia prasekolah dapat optimal maka diberikan stimulus, seperti menggunakan metode storytellling Tujuan Penelitian : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak prasekolah di TK Mutiara Khalifah & TK Al – Fattanah.  Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Hasil Penelitian: berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank test, didapatkan dengan p-value sebesar 0,000 dimana p value < 0,05 Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum (pretest) dan setelah (posttest) dilakukannya metode storytelling dengan boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak prasekolah. Kesimpulan: pada penelitian ini menyatakan adanya pengaruh metode storytelling terhadap peningkataan kemampuan menyimak dan berbicara anak prasekolah Tk Mutiara Khalifah & Tk Al – Fattanah Pondok Aren Tangerang Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Ketrampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6

Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Ceria Energik

Pesponsif Inovatif Adaftif), (1), 1-5.

Hajerah. 2019. Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di

Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan

Pembelajaran. Vol. 3. No. 1

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia

Emas, 5(1), 11–16.

Pebriana, H., & P. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN BERBAHASADAN PENANAMAN MORAL PADA

ANAK USIA DINI MELALUI METODE MENDONGENG. jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak

usia dini (Vol. 1, Issue ue 2, pp. 139–147).

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

Richa Dwi rahayu, Rosnita, K. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Story Telling terhadap Kemampuan

Menyimak Drama Anak di Sekolah Dasar. 28–38.

Richa Dwi rahayu, Rosnita, K. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Story Telling terhadap Kemampuan

Menyimak Drama Anak di Sekolah Dasar. 28–38.

S.ch Mufnaetty. (2011). 501-878-1-SM.pdf (p. 290).

Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik

Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi :

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Suprayitno, E., Yasin, Z., Kurniati, D., & Rasyidah. (2021). Peran Keluarga Berhubungan dengan Tumbuh

Kembang Anak Usia Pra Sekolah. Journal of Health Science, VI(II), 63–68.

Wulandari, Y. (2018). PENGARUH TERAPI BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA

ANAK USIA PRASEKOLAH Komang Tatis Yunny Wulandari * , Ni Made Aries Minarti, Ni Luh Ari

S Kumarawati. 41–

Published

2024-03-19 — Updated on 2025-03-19

Versions

How to Cite

PENGARUH METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK PRASEKOLAH TAHUN 2022. (2025). Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 7(1), 16-26. https://doi.org/10.63448/88247245 (Original work published 2024)

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>