PENGARUH METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK PRASEKOLAH TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.63448/88247245Keywords:
listening, speak, storytellingAbstract
Pendahuluan : kemampuan menyimak dan berbicara adalah salah satu dasar pembelajar bahasa yang harus di asa dan membutuhkan stimulus sejak dini, dan dapat memperlancar komunikasi lisan dan menambah pengetahuan. Masa usia prasekolah merupakan masa emas yang merupakan fase penting untuk diperhatikan karena pada fase ini pertumbuhan dan perkembangan seorang anak akan berkembang begitu pesat dan banyak mengalami perubahan yang sangat berarti. Agar pertumbuhan anak usia prasekolah dapat optimal maka diberikan stimulus, seperti menggunakan metode storytellling Tujuan Penelitian : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak prasekolah di TK Mutiara Khalifah & TK Al – Fattanah. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Hasil Penelitian: berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank test, didapatkan dengan p-value sebesar 0,000 dimana p value < 0,05 Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum (pretest) dan setelah (posttest) dilakukannya metode storytelling dengan boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak prasekolah. Kesimpulan: pada penelitian ini menyatakan adanya pengaruh metode storytelling terhadap peningkataan kemampuan menyimak dan berbicara anak prasekolah Tk Mutiara Khalifah & Tk Al – Fattanah Pondok Aren Tangerang Selatan.
Downloads
References
Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Ketrampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6
Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Ceria Energik
Pesponsif Inovatif Adaftif), (1), 1-5.
Hajerah. 2019. Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di
Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan
Pembelajaran. Vol. 3. No. 1
Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia
Emas, 5(1), 11–16.
Pebriana, H., & P. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN BERBAHASADAN PENANAMAN MORAL PADA
ANAK USIA DINI MELALUI METODE MENDONGENG. jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak
usia dini (Vol. 1, Issue ue 2, pp. 139–147).
Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.
Richa Dwi rahayu, Rosnita, K. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Story Telling terhadap Kemampuan
Menyimak Drama Anak di Sekolah Dasar. 28–38.
Richa Dwi rahayu, Rosnita, K. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Story Telling terhadap Kemampuan
Menyimak Drama Anak di Sekolah Dasar. 28–38.
S.ch Mufnaetty. (2011). 501-878-1-SM.pdf (p. 290).
Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik
Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi :
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Suprayitno, E., Yasin, Z., Kurniati, D., & Rasyidah. (2021). Peran Keluarga Berhubungan dengan Tumbuh
Kembang Anak Usia Pra Sekolah. Journal of Health Science, VI(II), 63–68.
Wulandari, Y. (2018). PENGARUH TERAPI BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA
ANAK USIA PRASEKOLAH Komang Tatis Yunny Wulandari * , Ni Made Aries Minarti, Ni Luh Ari
S Kumarawati. 41–

Downloads
Published
Versions
- 2025-03-19 (2)
- 2024-03-19 (1)