PENGARUH METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK PRASEKOLAH TAHUN 2022

Authors

  • Dwi Khaerunnisa
  • Oryza Intan Suri Universitas Ichsan Satya
  • Dewi Anggraini

Keywords:

Kemampuan menyimak, kemampuan berbicara, storytelling

Abstract

Pendahuluan : kemampuan menyimak dan berbicara adalah salah satu dasar pembelajar bahasa yang harus di asa dan membutuhkan stimulus sejak dini, dan  dapat memperlancar komunikasi lisan dan menambah pengetahuan.  Masa usia prasekolah merupakan masa emas yang merupakan fase penting untuk diperhatikan karena pada fase ini pertumbuhan dan perkembangan seorang anak akan berkembang begitu pesat dan banyak mengalami perubahan yang sangat berarti. Agar pertumbuhan anak usia prasekolah dapat optimal maka diberikan stimulus, seperti menggunakan metode storytellling Tujuan Penelitian : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak prasekolah di TK Mutiara Khalifah & TK Al – Fattanah.  Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Hasil Penelitian: berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank test, didapatkan dengan p-value sebesar 0,000 dimana p value < 0,05 Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum (pretest) dan setelah (posttest) dilakukannya metode storytelling dengan boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak prasekolah. Kesimpulan: pada penelitian ini menyatakan adanya pengaruh metode storytelling terhadap peningkataan kemampuan menyimak dan berbicara anak prasekolah Tk Mutiara Khalifah & Tk Al – Fattanah Pondok Aren Tangerang Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-19

How to Cite

Khaerunnisa, D., Intan Suri, O., & Anggraini, D. . (2024). PENGARUH METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK PRASEKOLAH TAHUN 2022. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 7(1), 16–26. Retrieved from http://jurnal.stikesimcbintaro.ac.id/index.php/djs/article/view/209

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>